Latest Movie :

Mengenal Penyakit Maag, Penyebabnya, Gejalanya Serta Bagaimana Pengobatannya

Lebih jauh Mengenal Penyakit Maag, Penyebabnya, Gejalanya Serta Bagaimana Pengobatannya. Maag merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita orang-orang yang jadwal makannya tidak teratur. Maag disebut juga tukak lambung atau radang lambung. Ini merupakan sebuah gejala penyakit di organ lambung. Penyakit maag disebabkan karena terjadi peradangan atau luka di dinding lambung sehingga menyebabkan rasa perih, mulas serta terkadang sangat sakit tak tertahankan.


penyebab,gejala dan pengobatan penyakit maag
 
Tingkatan Penyakit Maag
Maag Memiliki tingkatan dari mulai yang ringan ke yang terparah yaitu kanker lambung. Penyakit maag yang ringan sudah hampir pasti diidap oleh semua orang. Hal ini dapat teridentifikasi dengan ditemukannya kadar asam lambung berlebih di dinding lambung ketika pemeriksaan. Namun demikian, penderita penyakit maag pada level ini tidak terlalu merasakan sakit. Sedangkan maag sedang, penderita mulai dapat merasakan perih serta mual dan sakit.

Tahapan berikutnya, penyakit maag tingkat kronis dimana penderita merasakan intensitas nyeri, sakitt dan mual yang jauh lebih tinggi. Sedangkan yang terparah, kanker lambung, terjadi karena akibat lain, yaitu adanya bakteri yang merugikan, Helycobacter Pylori.

Penyebab Penyakit Maag
Terdapat beberapa sebab yang bertanggungjawab terhadap hadirnya penyakit maag. Penderita bisa saja memiliki penyakit ini karena salah satu atau kombinasi dari sebab-sebah ini. Penyebab penyakit maag adalah diantaranya, kebiasaan makan yang tidak terpola. Jadwal makan kurang teratur. Bisa jadi karena nafsu makan penderita yang fluktualif ataupuan karena kesibukannya. Selain itu, keberadaan mikoorganisme merugikan di dalam lambung diketahui menyebabkan nyeri penyakit maag.

Penyebab penyakit maag berikutnya adalah mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengkonsumsi alkohol, stress serta memiliki pola tidur yang tidak teratur. Selain itu, maag dapat muncul ketika penderita telat makan, namun kemudian ketika penderita penyakit maag makan, porsinya terlalu banyak. Dalam kondisi penyakit maag yang parah, ini sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian penderita.

Gejala Penyakit Maag
Beberapa gejala yang mengindikasikan penyakit maag adalah antara lain terasa sakit ketika sedang buang air besar (BAB), terasa mual dan ingin muntah, perut sering merasa lapar, perut terasa kembung, sering terasa nyeri yang perih dibagian dada dan juga perut dan juga sering penderita. Semakin parah tingkat penyakit maag yang diderita, makan semakin banyak gejala yang timbul pada penderita tersebut sehingga dapat menjadi sangat menyakitkan.

Cara Pengobatan Penyakit Maag
Pada dasarnya, penyakit maag dapat disembuhkan secara total. Namun Penyakit maag ini dapat saja sewaktu-waktu kambuh jika penyebabnya muncul seperti misalnya penderita telat makan atau bahkan makan terlalu banyak. Untuk meredakan penyakit, penderita hanya butuh mengkonsumsi obat maag pada saat maag kambuh. Secara umum, obat penyakit maag harus diminum 2 jam sebelum makan, agar dapat menetralisir asam lambung.

Pada saat 2 jam sebelum makan, asam lambung pada penderita penyakit maag sudah sangat banyak diproduksi di dalam lambung yang cenderung menyebabkan luka-luka kecil di lambung yang akan terasa sangat perih bagi penderita. Sehingga, dengan meminum obat untuk maag, asam lambung ternetralisir dan tak akan melukai lambung. Setelah diminum 2 jam sebelum makan, maka penderita penyakit maag diharuskan meminum obat lagi 2 jam setelah makan untuk melindungi lambung dari asam yang telah diproduksi. Dengan demikian, asam lambung tidak akan melukai lambung dan menyebabkan rasa perih.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tips Hidup Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger