Latest Movie :

Mengenal Penyakit Wasir dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Wasir dan Pengobatannya

Ulasan mengenai penyakit wasir dan pengobatannya banyak terdapat di berbagai media, online maupun offline. Wasir atau ambeien adalah penyakit yang terjadi di area pencernaan akibat membesarnya pembuluh darah di daerah anus, sehingga memicu pendarahan ketika buang air besar.
Mengatasi gejala penyakit wasir dan pengobatannya jadi begitu penting, karena selain keras dan bercampur darah, feses pada penderita wasir juga membutuhkan tekanan ekstra ketika dikeluarkan, sehingga menimbulkan rasa sakit luar biasa pada penderitanya.
Penyakit Wasir dan Pengobatannya
Wasir terbagi menjadi 2 jenis, yakni wasir eksternal dan wasir internal. Wasir eksternal dapat ditemukan di sekitar anus, sedangkan wasir internal berposisi di sekitar rektum. Penyakit wasir terjadi lantaran beberapa hal, di antaranya adalah sembelit atau konstipasi. Sembelit adalah gangguan pencernaan dengan gejala sulit buang air besar.
Terlalu lama berjongkok karena sulit buang air besar menyebabkan tekanan berlebihan pada area anus. Jika hal ini sering terjadi, maka bisa menyebabkan wasir. Hal lain yang dapat menimbulkan penyakit ini adalah duduk kelewat lama, sehingga tekanan di daerah anus meningkat. Repotnya, wasir yang berkepanjangan dapat memicu timbulnya gejala kurang darah atau anemia, gara-gara darah banyak terbuang saat buang air besar.
Selain itu, wasir juga dapat timbul karena diare menahun, perubahan hormon pada ibu hamil, faktor keturunan, hubugan seks lewat anus, atau sembelit menahun.
Ihwal mengurangi gejala penyakit wasir dan pengobatannya bergantung pada tingkat keparahannya. Jika wasir timbul karena sembelit, maka mengatasinya dengan mengonsumsi makanan berserat. Walaupun masih ada orang yang kebingungan mengatasi penyakit wasir dan pengobatannya, namun wasir bukanlah penyakit mematikan. Hanya, memang, wasir sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.
Pengobatan Penyakit Wasir
Berikut ini adalah tips kesehatan untuk mengatasi gejala penyakit wasir dan pengobatannya yang bisa dilakukan sendiri di rumah:
1. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi.
Mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan termasuk metoda unggulan dalam mengatasi wasir. Cara ini tergolong menyehatkan, karena dapat meningkatkan asupan antioksidan ke dalam tubuh. Selain itu, makanan berserat dapat memperlancar proses pencernaan dan pengeluaran sisa metabolisme tubuh.
2. Hindari makan pedas
Makanan pedas akan menyiksa penderita wasir ketika buang air besar. Juga, makanan ‘panas’ ini dapat memicu pendarahan lebih banyak. Denan demikian, menghindari makanan pedas merupakan pilihan bijak.
3. Minum Susu.
Selain menyehatkan, susu dapat melancarkan pencernaan. Mengonsumsi susu ditambah asupan makanan berserat tinggi dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan pada penderita wasir. Selain itu, susu juga dapat mereduksi tingkat kekerasan pada feses.
4. Memanfaatkan buah tomat
Buah tomat dapat dimanfaatkan sebagai obat wasir alami. Caranya, campurlah buah tomat matang yang telah dihaluskan dengan minyak kelapa. Kompreskan ramuan tomat ini pada bagian yang sakit akibat wasir. Cuci bersih setelah 10 menit. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali sehari.
5. Menggunakan Daun Salak
Jika wasir baru memasuki tahap awal dan rasa sakit belum begitu parah, maka kondisi ini dapat diatasi dengan minum air rebusan daun salak yang dicampur gula aren. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari, untuk menghilangkan seluruh gejala wasir. Cara ini akan lebih efektif jika dibarengi konsumsi makanan berserat.
Penyakit wasir bisa terjadi pada siapa saja. Maka ketahuilah ihwal penyakit wasir berikut pengobatannya, agar gangguan ini bisa diatasi sejak dalam fase gejala.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tips Hidup Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger