Latest Movie :

Hipertiroid Tak Bikin Gondok

Tiroid terletak di bagian leher depan. bagian ini akan menonjol jika seseorang menderita penyakit tiroid ini. penyakit tiroid dikenal juga dengan kelenjar gondok.Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan hormon-hormon tiroid secara berlebihan di dalam darah, yang membuat metabolisme tubuh menjadi lebih cepat dan dapat membuat kualitas hidup dari penderitanya menurun.

Gejala dan Keluhan Hipertiroid

  • Gelisah/tidak tenang/emosi labil
  • Jantung berdebar,denyut nadi cepat/tidak teratur
  • Berat badan turun
  • Banyak keringat
  • Lebih suka cuaca dingin/tidak tahan panas
  • Sering buang air besar
  • kulit lebab/basah
  • Jari tangan gemetar (tremor)
  • Lumpuh/lemah otot tungkai bawah
  • Kelenjar tiroid(gondok) membesar (tidak selalu)
  • Bola mata menonjol
  • Haid tidak teratur

Pengobatan Hipertiroid

Berikut adalah testimoni pengobatan hipertiroid dengan ekstrak Gamat:

KE MANA PUN PERGI KIPAS TAK PERNAH LEPAS DARI TANGAN ANDI ZAHRA. PEREMPUAN 45 TAHUN ITU MUDAH LELAH, BERKERINGAT, DAN NAFSU MAKAN TURUN. HANYA DALAM 3 BULAN, BOBOT TUBUH ANJLOK MENJADI 48 KG DARI SEMULA 68 KG. ZAHRA SETINGGI 165 CM TAMPAK KURUS KERING. BIANG KELADI ITU SEMUA ADALAH HIPERTIROID ALIAS KELENJAR TIROID BERLEBIH. 

Andi Zahra semula mengira keletihan itu efek samping olahraga. Ia memang gemar bermain softball. Namun, ketika ia menghentikan aktivitas olahraga, kelelahan tak kunjung sirna. Selain itu, 'Saya kerap merasa kegerahan tanpa sebab,' kata kelahiran 12 Maret 1964 itu.Gejala lain, diare hingga 20 kali sehari. Gangguan kesehatan itu ia rasakan selama 4 bulan.
Kondisi itulah yang mendorong ia memeriksakan diri ke dokter. Hasil pemeriksaan membuktikan ia positif hipertiroid. Tiroid atau kelenjar gondok adalah
organ yang berfungsi mengatur proses metabolisme tubuh seperti...
detak jantung dan pertumbuhan tinggi badan. Kemampuan tubuh membuat protein dipengaruhi oleh kelenjar berbobot 28,4 g itu. 

Rusak
Tiroid itu rusak jika menyimpang dari fungsinya memproduksi dua macam horman, T3 triiodotironin dan T4 triiodotriosin. Menurut Prof dr Slamet Suyono SpPD-KE, endokrinologis Rumahsakit Ciptomangunkusumo, Jakarta, kondisi kelainan kelenjar bermacam-macam. Bisa berupa hipotiroid, eutiroid, dan hipertiroid. Jika kelenjar gagal memproduksi hormon seperti keadaan normal, kondisi itu disebut hipotiroid.Eutiroid adalah sebutan fungsi kelenjar berjalan normal, tetapi kondisinya membesar. Sementara pada kasus hipertiroid, kelenjar terlalu aktif memproduksi hormon sehingga kadar T3 dan T4 dalam butuh berlebih. Dampaknya terjadi peningkatan fungsi tubuh sehingga penderita kerap buang air besar, badan sering berkeringat, letih dan lesu, serta bobot badan anjlok.

Penyebab rusaknya tiroid beragam, seperti peradangan pada kelenjar tiroid, konsumsi hormon tiroid berlebih, dan produksi TSH thyroid stimulating hormone pada kelenjar pituitari yang abnormal. Itulah yang dialami Andi Zahra sejak 1992. 'Kadar T4 saya saat itu 17 μg/dl, TSH 0,01 μIU/ml,' kata Zahra. Disebut hipertiroid jika kadar T4 melebihi ambang normal 4,3-12,4 μg/dl. Nilai ambang normal untuk TSH 0,50-4,00 μIU/ml. 

Dokter menyarankan pengobatan antitiroid selama 6 bulan. Zahra rutin mengkonsumsi 10 tetes obat dari dokter 2 kali sehari. Namun, setelah setengah tahun pengobatan, ia tak kunjung sembuh. Delapan tahun berselang, benjolan membesar menjadi sebesar bola tenis. Ia pun kerap kesulitan tidur. Kondisi fisik melemah, tak heran emosinya pun gampang tersulut. 

Pada pertengahan 2007, ia tak mampu lagi menelan nasi sehingga menggantungkan nutrisi dari buah dan susu. Kesehatan tubuhnya terus melorot sehingga ia hanya mampu terbaring di tempat tidur. Kadar T4 melonjak menjadi 20 μg/dl. 'Kadar TSH nyaris nol,' kata Zahra. 

Antitiroid 
Seorang kerabat menyarankan alumnus Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, itu untuk mengkonsumsi ekstrak teripang. Ia rutin mengkonsumsi 3 sendok makan teripang 3 kali sehari. Efeknya mulai terasa setelah sehari: ia mampu menelan nasi. Tiga hari kemudian, bobot badan Zahra naik setengah kg. Efek lain gejala kerap berkeringat dan buang air besar ketika bersantap pun hilang. 

Pemeriksaan terakhir pada Juli 2009, kadar T4 7 μg/dl alias normal. Kadar TSH 0,25 μIU/ml alias dalam kondisi membaik. Menurut Dr Muhilal, pakar gizi di Bogor, Jawa Barat, pasien hipertiroid membutuhkan vitamin, mineral, dan asupan antitiroid. Mineral dan vitamin berfungsi membantu kelancaran sekresi hormon peningkat kekebalan tubuh. Faedah lain membersihkan racun di ginjal yang menghambat keseimbangan hormon tiroid dalam darah. 

Komoditas yang mampu memenuhi itu semua antara lain teripang, spirulina, dan chlorella. Teripang misalnya, mengandung 59 jenis asam lemak, 9 jenis karbohidrat, 19 jenis amino, 10 jenis mineral, 25 vitamin, dan 5 jenis sterol. Dengan peran itu, ekstrak teripang membantu proses penyembuhan hipertiroid yang dialami Andi Zahra. Zahra pun tak lagi gondok alias kesal. (Faiz Yajri

Kerja Tiroid 
Tiroid satunya-satunya organ tubuh manusia yang dapat menyerap yodium atau iodin melalui pencernaan. Dengan asam amino tirosin, kelenjar mengubah yodium menjadi hormon tirosin berupa triiodotironin T3 dan triiodotiroksin T4. Dalam keadaan normal dikeluarkan 80% T4 dan 15% T3. Sisanya hormon lain seperti T2. T3 dan T4 membantu sel mengubah oksigen dan kalori menjadi tenaga. Setelah hormon tiroid digunakan, beberapa yodium dalam hormon kembali ke kelenjar tiroid dan didaurulang menghasilkan hormon tiroid. Sumber: Oleh trubusid_admindb Nopember 01, 2009. Hipertiroid Tak Bikin Gondok.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tips Hidup Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger