Latest Movie :

5 Cara Untuk Jantung Sehat

5 Cara Untuk Jantung Sehat

5 Cara Untuk Jantung SehatBanyak faktor yang menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung. Beberapa diantaranya adalah hal yang tidak bisa Anda ubah, misalnya jenis kelamin, usia, dan faktor keturunan. Tapi bukan berarti bahwa Anda hanya pasrah menerima keadaan. Masih banyak faktor lain yang bisa Anda cegah untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah:
  1. Tidak MerokokRokok merupakan salah satu hal utama yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Risiko ini juga meningkat pada penikmat rokok dengan kadar nikotin dan tar yang lebih rendah ataupun perokok pasif. Karena itu, berhentilah merokok dan jangan mau jadi perokok pasif. Hanya dalam waktu 1 tahun setelah berhenti merokok, resiko penyakit jantung pun akan menurun drastis.
  2. Berolahraga Secara RutinOlahraga rutin, terutama bila dilengkapi dengan gaya hidup sehat lainnya, membantu Anda menjaga berat badan dan menurunkan resiko kondisi yang bisa membahayakan jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, stres, dan diabetes. Karena itu, usahakan untuk berolahraga setidaknya 30-60 menit per hari.
  3. Pola Makan SehatMengonsumsi makanan sehat rendah lemak, garam, dan kolesterol membantu melindungi kesehatan jantung Anda. Selain itu, hindari lemak jahat yang terkandung dalam makanan seperti daging merah, gorengan, serta makanan dalam kemasan. Sebagai gantinya, konsumsi makanan kaya asam lemak Omega 3 seperti ikan salmon atau jenis ikan lainnya.
  4. Jaga Berat Badan SehatObesitas bisa menyebabkan berbagai masalah yang memicu penyakit jantung, misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta diabetes. Obesitas bisa dideteksi dengan cara menghitung Body Mass Index (BMI). Kalau angka BMI Anda di atas 25, berarti Anda mengalami masalah kelebihan berat badan. Masalah obesitas terjadi pada pria dengan lingkar pinggang lebih dari 101 cm dan pada wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 89 cm.
  5. Manajemen StresPercaya atau tidak, stres dan amarah tak terkontrol bisa menyebabkan penyakit jantung. Teknik manajemen stres yang diterapkan dengan baik bisa berpengaruh positif pada kesehatan jantung Anda.
Selain 5 hal di atas, jangan lupa pula untuk melakukan check-up kesehatan Anda secara rutin, di antaranya cek tekanan darah, tingkat kolesterol, serta deteksi diabetes, untuk mendeteksi berbagai faktor kesehatan yang meningkatkan resiko penyakit jantung sejak dini serta mengambil langkah terbaik. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, kan?
Sumber:
mayoclinic.com

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tips Hidup Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger